5 Hewan di Dunia Hasil Kloning

Uniknya 5 Hewan di Dunia Hasil Kloning

Hewan kloning merupakan hewan yang dibuat melalui proses menghasilkan individu-individu, melalui proses reproduksi asesksual, dari jenis yang sama yang identik secara genetik. Kloning telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Salah satu "korban" kloning dilakukan pada hewan dan terbukti berhasil. Berikut adalah 5 Hewan di Dunia Hasil Kloning

1. Tikus bernama Cumulina
Photobucket
Cumulina merupakan yang pertama dari 50an tikus identik sepanjang tiga generasi yang dibuat di Universitas Hawai pada tahun 1998.Hewan kloning tersebut dinamakan Cumulina karena dia dibuat dari DNA sel-sel kumulus yang mengelilingi telur yang sedang berkembang pada indung telur tikus betina.Cumulina merupakan hewan pertama yang dikloning dari sel-sel dewasa yang bertahan hingga masa dewasa dan menghasilkan dua seperindukan sehat.

2. Injaz
Photobucket
Pada April 2009, Injaz yang artinya penghargaan, menjadi unta pertama yang dihasilkan dari proses kloning.  Injaz adalah unta betina yang mempunyai satu punuk.  Ia lahir pada tanggal 8 April 2009 di Dubai.   Perdana mentri uni emirat Arab, Sheikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum yang juga dikenal karena giat di pacuan kuda, menginvestasikan dananya kepada Camel Reproduction Center. Sebelum disembelih, peneliti dari Camel Reproduction Center mengambil DNA induk dari Injaz dan menyuntikannya ke dalam sel telur pengganti.  Kloning unta ini sangatlah penting, dikarenakan besarnya bisnis pacuan unta yang ada di Dubai.

3. Idaho Gem
Photobucket
Kelahiran Idaho Gem dirayakan sebagai kloning bagal pertama, keturunan keledai hasil peranakan kuda jantan dan keledai betina.  Dr. Gordon Woods dan Dr. Dirk Vanderwall dari Northwest Equine Reproduction Laboratory di University of Idaho dan Dr. Ken White dari Utah State University adalah orang di balik kelahiran Idaho Gem.  Penelitian ini dibiayai oleh pengusaha dari Idaho yaitu Don Jacklin.  Don Jacklin adalah presiden untuk American Mule Racing Association.Penelitian tersebut melahirkan 2 bagal, yaitu Idaho Gem dan Idaho Star.  Mereka dipersiapakan untuk menjadi bintang di pacuan bagal tersebut.  Bintangnya di sini adalah Idaho Gem, yang mengoleksi masing-maisng 2 kali juara pertama, kedua dan keempat di perlombaan pertamanya.

4. Kucing Bernama CC 
Photobucket
CC atau Carbon Copy yang lahir pada tahun 2001 merupakan hewan peliharaan pertama yang dikloning. 
Para ilmuwan berharap bahwa menciptakan carbon copy kucing bisa menawarkan jutaan pemilik piaraan kesempatan untuk membangkitkan hewan peliharan kesayangan keluarga.Namun walaupun Rainbow yang merupakan kucing orisinil bertubuh gemuk dan memiliki warna putih dengan bintik-bintik coklat, coklat muda dan keemasan, CC bertubuh ramping dengan warna putih dan belang abu-abu. Lebih lagi, kedua kucing tersebut memiliki sifat berbeda, Rainbow pendiam tapi CC suka bermain.

5. Kambing bernama Dolly
Photobucket
Dolly, seekor kambing betina, pernah menjadi seorang bintang dalam media.  Ketenarannya dimulai pada Juli 1996, pada saat Dolly menjadi hewan mamalia pertama yang dihasilkan dari proses cloning dari sel somatic dewasa.  Adalah Ian Wilmut dan Keith Campbell, peneliti dari Institute Roslin di Scotlandia, yang mengeksekusi proses cloning ini. Dolly pun melahirkan 6 ekor kambing hasil perkawinannya dengan kambing Welsh Mountain.  Dolly hanya berumur 6 tahun dan menurut peneliti, saat Dolly lahir dia umurnya sudah sama dengan umur kambing pendonor sel somatic tersebut.

Hanya Pecinta Berita Unik Paling TOP di Dunia.