6 Fenomena Alam Yang Menakjubkan

6 Fenomena Alam Yang Menakjubkan - Fenomena alam adalah sesuatu hal yang pasti terjadi. Sama seperti hal-hal lainnya, alam juga memiliki siklus tersendiri dan siklus alam ini berbeda dengan yang lainnya sehingga tampak menakjubkan.

Dari sekian banyaknya fenomena alam yang pernah terjadi di bumi, tercatat ada 6 fenomena alam yang snagat mengagumkan, baik fenomena tersebut terjadi dalam beberapa tahun sekali ataupun terjadi hanya sekali saja. Ini dia 6 Fenomena Alam Yang Menakjubkan.

1. Danau Lava
Photobucket
Lava, bebatuan yang meleleh, yang hanya bisa ditemukan ketika terjadi erupsi vulkanis atau peristiwa meletusnya gunung berapi. Namun bagaimanapun, terdapat lima titik di bumi ini ketika lava mengalir dan mendapatkan tempat yang sesuai, sehingga menjadikannya seperti danau lava. Sebuah pemandangan spekatakular yang membuat kita takjub apalagi di kegelapan malam, dan efek positif dari adanya danu lava ini memudahkan para ilmuwan untuk meneliti setiap unsur mineral yang dikandung oleh lava tersebut.

2. Badai pasir
Photobucket
Fenomena badai pasir merupakan salah satu peristiwa alam yang juga spektakular, namun sangat mengerikan apabila berada di dalamnya. Sebuah peristiwa yang menghantui benak para pengembara, musafir yang berjalan di padang pasir, mereka dapat terkubur dan atau tercekik, karena udara yang mereka hirup mengandung milyaran lebih debu berterbangan.

Badai pasir terjadi ketika angin kuat menerjang sebuah kawasan padang pasir, ataupun daerah yang berdebu, sehingga partikel tersebut terangkat hingga ke udara dan terbawa mengikuti arah angin bertiup. Badai pasir ini bisa sangat besar sehingga dapat terlihat dari luar angkasa. Setiap tahunnya diperkirakan sebanyak 40 milyar ton debu terbang dari Gurun Sahara dan menutupi kawasan Hutan Amazon. Migrasi pasir beserta kandungannya tersebut juga bisa mengurangi kesuburan tanah di kawasan Gurun Sahara.

3.  Migrasi kupu-kupu Monarch
Photobucket
Migrasi massal kupu-kupu Monarch (Danaus plexippus) terjadi saat musim dingin meliputi sebagian besar Amerika Utara menuju daerah selatan. Warna kupu-kupu oranye dan hitam terlihat indah ketika memenuhi langit biru.



4. Tiang Cahaya
Photobucket
Tiang cahaya terjadi saat cuaca sangat dingin ketika kristal es tergantung di atmosfer, maka fenomena alam ini terlihat di langit malam. Semakin tinggi kristal es, semakin tinggi pula tiang cahaya itu terlihat.

5. Maelstorm atau Putara Air

Photobucket
Maelstorm adalah pusaran air yang sangat kuat di tengah laut. Pusaran air yang terjadi di Skotlandia dan dapat terdengar hingga bermil-mil jauhnya, walaupun nyatanya maelstorm bisa saja terjadi di mana pun.

6. Pusaran api
Photobucket
Yang satu ini mengerikan, namun tetap terlihat indah. Yaitu pusaran api yang terjadi saat tornado. Pusaran api terjadi ketika panas dari api mendorong udara di atasnya sedemikian rupa untuk membentuk pusaran dengan udara dingin di luar. Jika pusaran ini memperoleh pusaran vertikal maka api akan terhisap ke atas membentuk pusaran api.

Pusaran api yang terjadi di Tokyo tahun 1923 membakar semua bangunan di sana yang kebanyakan terbuat dari kayu, sehingga memakan korban 38.000 orang hangus terbakar.

Hanya Pecinta Berita Unik Paling TOP di Dunia.